Menghaluskan Permukaan Patung Fiber

menghaluskan permukaan patung fiber
gambar menghaluskan permukaan patung fiber

Tutorial Cara menghaluskan permukaan patung fiber.

Untuk menghaluskan permukaan patung fiber tidak semata-mata bicara alat, namun harus bicara proses pembuatan patung secara keseluruhan. Karena untuk menghasilkan permukaan patung yang halus harus dimulai sejak pembuatan model hingga proses finishing.


Permukaan patung fiber yang halus akan memberi nilai tambah pada kualitas patung . Kecuali memang patung disengaja diberi aksen kasar. Namun, secara umum pembeli atau konsumen suka dengan patung fiber yang halus permukaannya, utamanya patung berukuran kecil.

Mari kita bahasa satu-satu.

Menghaluskan Patung pada tahap modeling


Membuat patung harus diawali dengan tahap modeling. Yaitu tahapan membuat model 3 dimensi sebuah patung. Ketika konsumen akan memesan patung, biasanya mereka memberikan print out foto, sket atau model 3D. Dari art works ini kemudian dibuat bentuk 3 dimensi nya. Proses inilah yang disebut dengan modeling patung, alias Cikal bakal patung.

Model patung dapat dibuat menggunakan berbagai bahan. Paling sering digunakan adalah tanah liat, plastisin, styrofoam, bisa juga menggunakan semen atau gipsum. Model dibuat mengikuti desain yang ditentukan. Ketika pembuatan model selesai, sudah disetujui pihak pemesan. Proses selanjutnya adalah mempersiapkan pembuatan cetakan negatif. Pada saat inilah rangkaian menghaluskan permukaan patung fiber dimulai. Caranya? Bergantung pada bahan modelingnya.

Prinsipnya, bisa dibayangkan ketika Anda akan membuat acian tembok. Sebelum dicat, tembok harus di aci dulu, di plamir, dan sebagainya. Begitupun ketika membuat patung. Kalau bahan modeling tanah liat, gunakan busa spon basah untuk menghaluskan. Kalau menggunakan bahan styrofoam, bisa gunakan campuran semen putih dan gipsum atau material compound, baru diamplas setelah kering. Anda bisa berimprovisasi menggunakan bahan lain. Yang intinya ketika akan dibuat cetakan , permukaan model patung sudah halus. Sehingga cetakan yang dihasilkan permukaannya sudah halus.

Menghaluskan permukaan cetakan patung


Cetakan patung yang permukaannya sudah halus, ketika dipakai mencetak patung, akan menghasilkan produk patung yang halus juga. Dalam arti halus keluar dari cetakan, permukaan halus tapi belum siap finishing.


Berikut cara menghaluskan permukaan cetakan patung. Kita asumsikan, cetakan dibuat menggunakan bahan fiber.


Ketika pertama kali dibuka dari model, meskipun sudah diberi lapisan releaser, banyak material model yang menempel (bahasa jawanya; katut) pada permukaan cetakan. Untuk membersihkannya, cuci dengan air bersih plus detergen, gunakan sikat untuk membersihkan tanah liat, gipsum, atau semen yang menempel. Kalau anda punya, gunakan water gun untuk membersihkan material yang membandel.

Proses pencucian ini sekaligus akan menghilangkan sisa lapisan releaser. Selanjutnya gunakan amplas berbagai ukuran untuk menghaluskan permukaan cetakan. Bisa gunakan amplas ukuran 60, 80, sampai 120. Dilihat tingkat kasarnya.
Kalau cetakan silikon yang dibuat, Anda cukup mencuci dan gunakan sikat halus.

Master Cetakan

Terkadang cetakan yang dibuat langsung dari model masih belum sempurna kehalusaannya. Bagaimanapun model patung yang dibuat menggunakan bahan lunak, tidak dapat dihaluskan secara maksimal. Apabila dipakai produksi patung dalam jumlah banyak , nantinya akan merepotkan pada saat proses finishing. Akan menghabiskan waktu dan tenaga disaat tahapan menghaluskan. Untuk itu, biasanya dibuat master cetakan.

Master cetakan adalah patung yang dibuat menggunakan cetakan pertama tadi. Biasanya menggunakan bahan fiber. Patung master ini dihaluskan secara maksimal, diperlakukan sebagai model, dan dibuat cetakannya (kita sebut cetakan kedua). Sehingga cetakan kedua yang dihasilkan, permukaannya lebih halus daripada cetakan pertama.
Master ini akan digunakan lagi (dibuat cetakannya lagi), apabila cetakan yang kedua tadi rusak ketika digunakan.

Menghaluskan permukaan patung fiber pada tahapan produksi / fabrikasi / cetak positif.

Beberapa kondisi yang menyebabkan permukaan patung fiber tidak halus adalah:

  • Tidak sempurna saat merangkai cetakan. Kita tahu fiberglass resin berwujud cairan kental. Ketika dilakukan pengecoran atau pengisian cetakan akan terjadi rembesan resin melalui sela-sela sambungan cetakan. Ketika kering, akan menghasilkan garis-garis pola cetakan di permukaan patung hasil produksi.
  • Apabila patung dibuat menggunakan cetakan terpisah. Misal bagian tangan atau kepala di cetak secara terpisah. Ketika dirangkai menjadi patung utuh, titik-titik sambungan pasti tidak halus.
  • Gelembung udara yang terperangkap saat pengisian / pengecoran pada cetakan. Ketika kering akan menjadi rongga, dan berubah menjadi lubang ketika terkena proses penghalusan.
  • Kotoran yang menempel pada permukaan cetakan. Misal kerikil, serangga, bulu kuas, dan sebagainya. Ketika kering menempel dipermukaan patung, berubah menjadi lubang apabila terkena proses penghalusan.
  • Permukaan kasar karena cetakan rusak. Cetakan patung bisa rusak karen jatuh, kena benturan, dimakan tikus, dan sebab lain. Ketika digunakan biasanya ditambal, entah pakai tanah liat, plastisin dan sebagainya. Ini akan meninggalkan bekas-bekas yang harus dirapikan.

Kondisi diatas menyebabkan permukaan patung tidak sempurna, sehingga harus dilakukan langkah untuk menghaluskan.

Bahan yang digunakan menghaluskan permukaan patung fiber.

Tidak banyak bahan yang digunakan, cukup dempul atau putty saja. Pilih merk yang biasa digunakan untuk cat mobil. Alfagloss, Sanpolac adalah beberapa diantaranya yang bisa Anda pilih..

Alat untuk menghaluskan permukaan patung fiber


Untuk menghaluskan permukaan patung fiber diperlukan alat sebagai berikut:

  • Cutter
  • Gerenda amplas,
  • Amplas Lembaran
  • Mesin amplas / Sander

Langkah Menghaluskan Permukaan Patung Fiber

Menghaluskan permukaan patung fiber prinsipnya adalah proses pengamplasan dan dan menambal lubang yang terdapat pada permukaan patung. Untuk meminimalisir permukaan patung fiber hasil produksi menjadi kasar, dan susah dihaluskan, pertimbangkan hal-hal berikut:.

Langkah pertama yang harus diingat sebelum mulai melakukan proses pengecoran atau pengisian cetakan adalah sedapat mungkin hindari lima kondisi seperti disebutkan di atas.

Pastikan permukaan cetakan bersih dari kotoran, sebelum memberikan releaser permukaan cetakan. Gunakan kuas baru dan pilih kuas yang bulunya tertanam kuat, tidak mudah lepas.

Ketika membuat adonan, gunakan talk yang sedikit ‘lunak’. Talk luar (impor) akan menghasilkan patung fiber lebih lunak dibanding talk dalam negeri. Lunak disini bukan berarti lembek. Artinya mudah diamplas.


Pertimbangkan Penggunaan Aerosil

Kalau tidak dibutuhkan, hindari menggunakan aerosil, karena akan menghasilkan permukaan patung yang sangat keras, dan susah dihaluskan.

Buka cetakan patung sebelum keras. Tapi harus dipertimbangkan, patung sudah tidak berubah bentuk lagi apabila dibuka cetakakannya. Dengan menggunakan cutter, kotoran resin yang merembes dari sambungan cetakan dan kotoran yang menempel masih dapat dibersihkan.

Ketika patung fiber sudah mengeras, mulai penggunaan alat gerenda dan amplas. Untukmenghaluskan permukaan patung fiber ukuran besar, gunakan piringan gerenda amplas mulai ukuran 80 atau 100. Ini akan cepat menghaluskan bagian sambungan, atau tambalan ukuran besar. Selanjutnya gunakan amplas lembaran untuk menghaluskan seluruh permukaan patung.

Apabila patung berukuran kecil, haluskan dengan amplas lembaran menggunakan tangan. Gunakan amplas ukuran seperti disebutkan diatas. Untuk hasil terbaik, patung bisa diamplas sambil direndam di dalam air.

Untuk permukan datar yang cukup lebar, dapat dipertimbangkan pemakaian mesin sander, atau amplas mesin.

Ketika proses pengamplasan pada seluruh permukaan patung, akan terlihat bagian yang berlubang. Tambal lubang menggunakan dempul atau putty. Tunggu hingga kering, lakukan pengamplasan. Proses dempul dan pengamplasan bisa diulang sampai benar-benar halus.

Lubang di permukaan patung yang terlewat saat pengamplasan, akan sangat jelas terlihat ketika mulai dilakukan penyemprotan cat dasar (epoxy). Lakukan penambalan dan penghalusan ulang, hingga patung benar-benar halus dan siap dicat.

Demikian, tulisan mengenai cara menghaluskan permukaan patung fiber. Silahkan share apabila bermanfaat. Apabila ada yang terlewat, silahkan ditambahkan dibagian komentar supaya menjadi tulisan yang lengkap dan bermanfaat.

Catatan Penulis:
Tulisan ini boleh diterbitkan ulang, tapi mohon sertakan link ke tulisan ini.
Mohon jangan di spin, konten ini dibuat dengan upaya. Meng-copy atau menerbitkan ulang tanpa menyertakan link ke tulisan ini, sama aja dengan pencurian. Tidak berkah kalau website atau blog Anda untuk mencari rejeki.

Salam…semoga bermanfaat.

Lanmak Studio Patung Yogyakarta