Jasa Pembuatan Tugu

jasa-pembuatan-tugu
jasa pembuatan tugu

Lanmak studio melayani jasa pembuatan tugu peringatan dan ikon daerah, monumen sejarah beserta patung sebagai kelengkapannya.  Kami memiliki tim lengkap; ahli sipil, arsitek, seniman, juga tim pelaksana yang siap  membuat tugu dimana saja. Pilihan material bahan patung dan tugu dapat disesuaikan dengan budget yang tersedia.

Bentuk  dan Fungsi Tugu

Tugu dapat berbentuk monolit, gapura atau pintu gerbang yang disesuaikan dengan lokasi dan  kebutuhan / fungsi atau tujuan pembuatannya.

Tugu adalah salah satu bentuk monumen yang fungsinya sebagai tanda peringatan untuk memperingati suatu peristiwa atau keberadaan ‘sesuatu’.  Sesuatu dimaksud bisa orang, atau entitas lain yang layak di kenang keberadaannya. Yang seperti ini paling banyak contohnya.

Tugu dapat juga digunakan sebagai penanda suatu wilayah. Fungsi ini dapat kita lihat sebagai gapura di batas wilayah.

Tugu dapat digunakan untuk memperkenalkan potensi atau ikon daerah. Banyak contoh yang bisa kita lihat. Misalnya; Patung Bekantan di banjar masin, patung penyu di Pantai derawan,  patung Gajah di Aceh, Patung Durian di daerah penghasil durian, Patung Lembuswana di Samarinda, Tugu Gading di Ngawi, patung – patung di Bali, dan masih banyak lainnya.

Tugu dapat digunakan sebagai sarana mempertebal rasa kebersamaan dan kebanggaan terhadap suatu entitas. Dahulu sering kita jumpai Tugu Adipura sebagai  kebanggaan atas pencapaian suatu wilayah. Contoh lain adalah Tugu  Monas yang pembangunannya jelas dimaksudkan oleh Presiden Soekarno untuk mempertebal rasa kebangsaan waktu itu.

Banyak juga tugu yang dibuat dengan tujuan dan latarbelakang privat oleh kalangan tertentu. Tugu Semar, Tugu Golong-Gilig di Jogja, tugu untuk meperingati kematian anggota keluarga dan sebagainya.

Patung sebagai Kelengkapan Tugu

Mempertimbangkan fungsi dan tujuan pembuatannya, tugu selalu berkait dengan keberadaan  patung sebagai sentral paling penting  untuk menyampaikan pesan dalam pembuatan tugu. Apakah visual patung figure, replika, relief, atau dioarama yang harus dibuat, tentu disesuaikan dengan tujuan pembuatannya.

Bagi kami, tidak ada kesulitan apapun untuk membuat patung untuk tugu. Yang ingin kami sampaikan adalah mengenai pemilihan bahan untuk pembuatan patung tugu.

Bahan Pembuatan Patung Monumen

Tugu selalu ditempatkan diluar ruangan, artinya paparan cuaca – sinar matahari dan hujan akan silih berganti menerpa. Tentu saja dibutuhkan bahan pembuatan patung yang kuat dan tahan terhadap cuaca. Bahan yang dapat di dipiih adalah beton, batu, GRC atau logam kuningan, tembaga dan perunggu.

Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Patung Tugu dari beton kelebihannya murah, namun bobot sangat berat, harus dibuat secara in situ dengan cara plastering. Kualiasnya tidak sebagus patung yang dibuat dengan cara modeling.

Patung GRC adalah patung semen yang diberi perkuatan fiberglass mat. Dibuat dengan sistem cetakan. Secara visual relatif baik namun berat secara bobot dan riskan pecah atau patah. Relatif tahan terhadap cuaca, namun seperti halnya bahan semen,  bisa menyimpan air kalau ada yang terkoyak permukaannya. Ditumbuhi lumut dan jamur.  Kelebihannya harga relatif murah secara bahan, namun mahal dalam biaya proses  pembuatannya.

Patung Logam terbaik

Patung Logam berbobot relatif ringan, dibuat dengan sistem cor atau tempa (kenteng). Patung logam dibuat melalui proses  modeling sehingga visualnya bagus. Teruji paling tahan terhadap cuaca dan memiliki durabilitas tak terbantahkan. Benda artefak dari peradaban kuno yang masih bisa ditemukan, paling banyak menggunakan bahan logam, juga batu.  Cara maintainance patung logam kuningan, tembaga, dan perunggu juga tidak terlalu sulit.   

Satu lagi bahan patung yang dapat digunakan untuk monumen adalah fiberglass.  Namun sebetulnya tidak disarankan mengingat tingkat durabilitasnya. Penggunaan bahan fiberglass untuk monumen juga membutuhkan pemeliharaan lebih sering, terutama harus sering dilakukan pengecatan ulang.

Itu pilihan bahan yang digunakan untuk membuat patung tugu. Bahan patung paling baik tentunya bahan logam, namun pemilihan bahan patung untuk tugu pasti terkait dengan ketersediaan anggaran.

Portfolio Jasa Pembuatan Tugu Lanmak Studio

Kami memiliki pengalaman membuat tugu dan patung untuk tugu menggunakan berbagai material.

  1. Tugu Bola Dunia

Tugu ini kami buat untuk sebuah sekolah di kawasan elit Surabaya.  Tugu dibuat berukuran tinggi 4 meter menggunakan cor beton untuk tiang, dan platform.  Sementara replika bola dunia globe dan 4 patung anak sekolah menggunakan bahan fiberglass resin (fiber).

2. Monumen Patung Maria di pulau Galang, batam.

Bangunan tugu terdiri atas, patung di atas pedestal, background berbentuk layar, dan tower dengan toping salib. Seluruh bangunan menggunakan rangka besi dengan cover fiberglass, termasuk patung. Toping tower meggunakan bahan stainless. Keseluruhan tinggi bangunan 21 meter.

3. Patung lebah untuk tugu di taman Tiangnam Sumbawa.

Patung dibuat menggunakan bahan perunggu, berukuran panjang 250 cm. Kami tidak membuat platformnya, namun melakukan pemasangan patung di atas tugu.

4. Replika Batu bara untuk puncak tugu di Puruk Cahu, Kalimantan Tengah.

Replika batu baru dibuat menggunakan bahan GRC dengan banyak lobang dibuat disela-sela tumpukan batu bara. Fungsinya untuk keluar sinar saat lampu dinyalakan pada malam hari. Tujuan yang ingin dicapai adalah visual batubara yang menyala.

Melayani Pembuatan Tugu untuk seluruh Indonesia

Dari portfolio yang kami sampaikan, Anda dapat melihat sebaran lokasi tugu yang kami pernah terlibat didalam pembuatannya. Dimanapun Anda, kami siap membantu untuk mewujudkan pembuatan tugu Anda.

Hubungi kami